Manfaat Buah Untuk Mengobati Anemia Apel Melon Kurma

Manfaat Buah Untuk Mengobati Anemia Apel Melon Kurma

Manfaat Buah Untuk Mengobati Anemia Apel Melon Kurma - Kurang darah atau anemia diikuti dengan gejala seperti pusing, mudah lelah, wajah pucat, tidak bersemangat. Jika dibiarkan berlarut-larut, anemia dapat beresiko terkena penyakit jantung. Anemia disebabkan kurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Seseorang dikategorikan dalam penyakit ini jika, laki-laki hemoglobinnya kurang dari 13,5 g/dl dan hematrokit kurang dari 41%. Sedangkan pada perempuan hemoglobin kurang dari 11.5 g/dl dan hematrokit kurang dari 36%. Untuk meningkatkan kadar sel darah merah kembali normal pada penderita anemia perlu asupan protein dan zat besi. Asupan-asupan tersebut dapat didapatkan dari beberapa macam buah, khususnya Buah untuk mengobati anemia.

Manfaat buah alami untuk darah rendah

mengobati anemia dengan manfaat buah
mengobati anemia dengan manfaat buah

1. Apel 
Buah ini mengandung vitamin yang lengkap dan zat besi. Zat besi dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah, sehingga apel cocok menjadi pilihan para penderita anemia.

2. Melon
Melon mempunyai kandungan air mencapai 90%, memberi rasa segar dan menenangkan di perut saat dikonsumsi. Melon merupakan salah satu buah dengan kadar vitamin A yang tinggi. Vitamin A dapat meningkatkan kinerja zat besi dalam meningkatkan hemoglobin. Selain melon, semangka, aprikot dan mangga juga kaya vitamin A.

3. Kurma
Kurma merupakan buah yang kaya manfaat, salah satunya adalah mengatasi gejala darah rendah. Kandungan vitamin B kompleks yang tinggi pada buah ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kandungan gula sederhana yang mudah dicerna berperan memberi energi tambahan saat dikonsumsi, mengatasi rasa mudah lelah pada penderita anemia.

4. Jeruk
Jeruk banyak ragamnya, rasa asam manis pada jeruk menandakan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya sangat tinggi. Salah satu manfaat vitamin C adalah melancarkan peredaran darah dan kandungan zat besinya membantu pembentukan sel darah merah. Selain jeruk buah lain yang kaya vitamin C dan zat besi adalah strawberry. 

5. Alpukat
Buah ini selain kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga sangat kaya zat besi. Alpukat dengan rasanya yang legit cocok dikonsumsi penderita darah rendah. Alpukat juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang aman untuk tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin Buah untuk mengobati anemia di atas dapat menggantikan peran suplemen kimia yang biasanya dikonsumsi penderita anemia. Tentunya asupan nutrisi dari buah-buahan lebih alami dan menyehatkan. Untuk menghindari rasa bosan, Anda juga bisa mengkreasikan buah-buah tersebut dalam aneka hidangan atau mengombinasikannya menjadi jus sehat yang lezat. Jangan lupa bagikan artikel mengobati anemia dengan manfaat buah alami ini dengan teman-teman lainnya agar lebih bermanfaat. Baca juga Manfaat buah alpukat untuk kesehatan tulang.

Posted by Wendy Nadeau, Published at 09.00
Copyright © 2013 Manfaat buah dan daun