Kandungan Gizi Dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan – Bayam merupakan sayuran yang sangat melegendaris, di Indonesia bayam dijadikan sebagai sayuran untuk memasak makanan yakni menjadi sebuah sup bening, akan tetapi sekarang ini bayam sudah banyak diolah menjadi kripik bayam ataupun variasi lainya.

Manfaat bayam bagi kesehatan sangatlah besar, karena pada dasarnya kandungan gizi yang terdapat pada bayam lumayan lengkap, bayangkan saja, hanya dalam 100 gram sayur bayam mengandung 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Ditambah bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Bayam Untuk Kesehatan
Kandungan Gizi Dan Manfaat Bayam

Dengan banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada bayam di atas, maka bayam merupakan sayuran yang kaya akan khasiat, nah untuk mengetahui khasiat bayam bagi kesehatan, silahkan simak berikut ini.

1. Bayam sangat baik untuk diet
Bagi Anda yang saat ini sedang mencanangkan program diet, maka konsumsilah sayuran bayam, karena bayam mengandung serat yang sangat tinggi, dimana kandungan serat pada bayam tersebut akan sangat efektif untuk merawat pencernaan, seperti mengatasi sembelit, diare, dan membakar kalori di dalam tubuh.

2. Melawan kanker
Manfaat bayam bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu melawan penyakit kanker, hal ini terjadi karena bayam mengandung senyawa flavonoid yang sangat tinggi, dimana kandungan senyawa flavonoid ini memiliki sifat anti-kanker, sehingga sangat berguna untuk mengobati jaringan pertumbuhan kanker.

3. Menjaga kesehatan mata
Bayam mengandung karotenoid yang sangat tinggi, dimana kandungan tersebut berkhasiat untuk merawat dan menjaga kesehatan mata, seperti mencegah katarak, iritasi, miopi dan masih banyak lagi.

4. Manjaga kesehatan tulang
Selain bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, dengan kandungan vitamin K yang sangat tinggi pada daun bayam, maka akan sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang, memperkuat tulang dan melindunginya dari keropos.

5. Mampu menjaga kesehatan kulit
Bayam mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh kulit, salah satunya adalah vitamin C, kandungan ini menurut penelitian mampu meregenerasi sel kulit yang baru dan menghilangkan sel kulit mati, sehingga bayam sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah beberapa khasiat bayam bagi kesehatan, untuk mendapatkan berbagai macam manfaat bayam di atas, maka konsumsi bayam secara rutin setiap hari, Anda dapat membuat olahan dari sayur bayam agar tidak jenuh ketika mengonsumsi, seperti sup bayam, jus bayam, keripik bayam dan masih banyak lagi.

Demikian ulasan singkat mengenai kandungan gizi dan manfaat bayam untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba, jangan lupa baca juga 7 Manfaat Daun Kahitutan Untuk Kesehatan serta Tips perawatan alami untuk menjaga kesehatan kulit. Semoga bermanfaat
Posted by wendy, Published at 07.55
Copyright © 2013 Manfaat buah dan daun