Makanan Yang Baik Untuk Ibu Pasca Melahirkan

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Pasca Melahirkan

Makanan untuk ibu pasca melahirkan - Bunda pasti sangat lega dan bahagia setelah melahirkan. Namun tugas bunda belum selesai. Bunda harus memberikan ASI esklusif serta mengurus si kecil. Namun untuk memberikan gizi yang cukup untuk si kecil, bunda juga harus mendapatkan asupan makanan terbaik agar bunda sehat si kecil turut sehat.
Ibu Pasca Melahirkan
Ibu Pasca Melahirkan
Biasanya setelah melakukan persalinan, masih terdapat rasa nyeri akibat bekas operasi. Maka dari itu harus segera disembuhkan agar lekas normal untuk beraktifitas serta merawat si kecil yang sangat butuh sentuhan bunda. Apalagi jika bunda melakukan persalinan dengan cara Caesar, bekas luka sesar akan lebih lama sembuh. Maka dari itu selain istirahat yang cukup, asupan makanan yang tepat juga turut membantu proses percepatan penyembuhan.

Buah Anggur
Buah Anggur berkalori rendah, namun tinggi serat sehingga tubuh membakar kalori untuk mengurainya. Buah ini juga menekan produksi insulin agar tidak menyimpan terlalu banyak lemak. Inilah salah satu manfaat buah yang lumayan mahal dipasaran ini.

Makanan sehat dari produk susu rendah lemak
Produk susu adalah salah satu makanan penting selama menyusui. Selain mengandung protein, vitamin B dan vitamin D, produk susu juga adalah salah satu sumber kalsium terbaik, akan sangat bagus untuk pembentukan tulang bayi. Untuk hasil maksimal, minumlah tiga cangkir susu setiap hari.

Daging sapi bebas lemak
Seorang Ibu yang baru melahirkan Ibu butuh makanan yang kaya zat besi seperti daging sapi tanpa lemak yang mengandung protein tambahan dan vitamin B 12 yang cocok buat ibu menyusui.

Telur
Kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D yang sangat bermanfaat untuk menjaga tulang tetap kuat dan membantu tulang bayi tumbuh. Makanlah dua butir telur setiap hari yang dicampur dengan segelas susu, aduk rata dan minum selagi hangat. Lakukan kebiasaan tersebut selama satu bulan maka kondisi Ibu setelah melahirkan akan segera pulih. Ibu juga bisa mengolahnya sebagai telur rebus atau telur dadar untuk santap siang dan malam anda.

Kacang – kacangan
Kacang – kacangan akan memperlancar peredaran darah dan akan memperbanyak ASI untuk bayi. Dengan makanan tersebut, maka Ibu dapat memulihkan kesehatannya kembali dengan cepat dan segar bugar setelah melahirkan. Contoh kacang yang bisa ibu konsumsi adalah kacang hijau yang bisa direbus atau di buat bubur kacang hijau.

Pasta
Tidak hanya tinggi kalori, pasta juga tinggi energi sehingga pasta dapat ibu konsumsi satu jam setelah melahirkan.

Keju
Produk olahan susu ini kaya akan kalsium. Baik untuk Anda yang juga menyusui.

Buah dengan rasa asam
Banyak buah yang dapat ibu konsumsi setelah melahirkan, contohnya jeruk, nanas, atau anggur. Konsumsi buah dengan rasa asam ini dapat membantu menghindari flu pada ibu pasca melahirkan.

Biji bunga matahari
Biji bunga matahari mengandung asam folat yang baik dikonsumsi setelah melahirkan. Mengonsumsi segenggam biji bunga matahari sebelum menyusui, akan meningkatkan produksi ASI.

Kopi
Selama kehamilan, ibu dilarang keras untuk mengonsumsi kopi karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin. Tetapi setelah melahirkan, ibu boleh mengonsumsi segelas kopi. Segelas kopi akan membuat ibu rileks dan memberikan energi pasca melahirkan.

Ikan
Asam lemak dan omega 3 yang biasa ditemui pada ikan semacam salmon dan tuna dapat membantu perkembangan otak dan mata bayi. Tetapi para ahli mengatakan, ibu tidak boleh mengonsumsi lebih dari dua porsi ikan selama seminggu.

Karbohidrat sehat
Ibu butuh karbohidrat untuk mengganti tenaga yang hilang selama melahirkan. Beberapa jenis karbohidrat yang sehat yang harus konsumsi setelah melahirkan adalah beras merah dan gandum.


Buah Pisang 
Pasca persalinan ibu membutuhkpan asupan makanan yang kaya zat besi karena telah kehilangan banyak darah saat melahirkan. Buah pisang adalah makanan kaya zat besi yang juga menyediakan kalsium yang cukup bagi ibu yang menyusui. Inilah salah satu manfaat buah pisang untuk ibu pasca melahirkan.

Minyak Omega-3
Sebaiknya anda banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak minyak omega-3. Minyak omega3 dapat membantu menangani depresi, dan meningkatkan fungsi pada otak. Minyak omega-3 ini bisa kita dapatkan dari salmon, minyak biji ami dan juga kenari.

Air putih 
Kondisi pasca melahirkan membuat tubuh terasa cepat lelah. Maka dari itu untuk mencegah dehidrasi konsumsi air yang cukup juga sangatlah penting.

Dark chocolate
Jika anda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, maka makanlah coklat. Dark chocolate dengan kualitas tinggi yang mengandung lebih dari 70% kadar cocoa, sangat baik dalam memperbaiki mood.

Sayuran hijau
Kandungan zat besi dalam sayuran hijau sangatlah baik untuk kesehatan ibu pasca melahirkan. 
Posted by Wendy Nadeau, Published at 06.45
Copyright © 2013 Manfaat buah dan daun