Manfaat Makan Buah Pisang Sebelum Olahraga

Manfaat Makan Buah Pisang Sebelum Olahraga

Manfaat Makan Buah Pisang Sebelum Olahraga - Makan buah pisang pasti bukan lagi hal  baru bagi anda terutama yang bermukim di daerah tropis, termasuk Indonesia. Buah yang satu ini dapat dikategorikan sebagai buah khas Indonesia. Mudah penanamannya, harga terjangkau dan banyak kandungan manfaatnya. Berbicara mengenai manfaat makan buah pisang sebelum olahraga pastinya belum banyak informasi yang anda ketahui tentang artikel ini. Untuk seorang atlet atau olahragawan, kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi hal yang mutlak yang harus diperhatikan dan harus dijaga. Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendapat kondisi tubuh yang fit adalah makanan. Sebagaimana kita tahu bahwa buah pisang memiliki peran penting dalam pembentukan otot. 

Manfaat Makan Buah Pisang Sebelum Olahraga

Manfaat Makan Buah Pisang Sebelum Olahraga
Manfaat Buah Pisang

Berikut adalah manfaat makan buah pisang sebelum olahraga :
1. Pisang yang sudah matang memiliki zat pati yang dipecah menjadi glukosa, sehingga keduanya lebih manis dan lebih cepat dicerna. Glukosa kemudian diubah menjadi glikogen yang akan disimpan untuk bahan bakar otot, dan siap dilepas saat berolahraga. 

2. Buah pisang  sumber vitamin B6 yang baik untuk membuat protein. Protein tersebut menjaga fungsi tubuh, kesehatan sistem saraf, dan kekebalan tubuh. Pisang merupakan sumber folat, kalium, magnesium, dan vitamin C. Sehingga makan pisang sebelum olahraga bermanfaat dalam menjaga kondisi atlet tetap pada puncaknya. 

3. Pisang secara alami sudah dikemas lengkap dengan serat, nutrisi dan antioksidan sehingga pemenuhan kebutuhan seorang atlet sudah tercukupi. Cukup dengan makan buah pisang sebelum berolahraga maka tubuh akan terasa segar.

4. Manfaatnya mengkonsumsi pisang sebelum olahraga lainnya yaitu Kandungan potasium pada pisang juga bisa mencegah kram otot. Selain baik untuk otot, potassium juga mampu mengurangi tekanan darah.. Sebaiknya konsumsi setengah porsi pisang ukuran besar setiap 15 menit untuk durasi olahraga lebih dari satu jam.

5. Kandungan asam amino pada buah pisang mampu membakar lemak menjadi energi dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi sebelum olahraga terlebih dahulu mengkonsumsi pisang dapat menambah tenaga untuk persiapan olahraga.

Demikian paparan mengenai manfaat makan buah pisang sebelum olahraga. Rutinlah mengkonsumsi buah pisang dan lakukan pemanasan sebelum olahraga. Selamat mencoba, jangan lupa baca juga 5 manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh kita
Posted by wendy, Published at 07.45
Copyright © 2013 Manfaat buah dan daun