Cara mengatasi anyang-anyangan yang menyakitkan dengan tips sederhana

Cara mengatasi anyang-anyangan yang menyakitkan dengan tips sederhana

Cara mengatasi anyang-anyangan yang menyakitkan dengan tips sederhana - Anda pernah mengalami anyang-anyangan ? Anyang-anyangan merupakan suatu gangguan dalam sistem eskresi. Gangguan ini ditandai saat buang air kecil namun disertai rasa perih serta hanya sedikit pipis yang keluar. Dan biasanya harus bolak balik ke toilet untuk mengeluarkan pipis. Bayangkan betapa terganggunya jika anda harus bolak-balik ke toilet dan saat pipis merasakan perih. Pastinya kita tidak ingin kan.

Cara mengatasi anyang-anyangan

Cara mengatasi anyang-anyangan
Cara mengatasi anyang-anyangan
Anyang-anyangan biasanya terjadi saat pagi hari saat buang air kecil pertama setelah bangun tidur. Kenapa? Karena biasanya garam albumin yang terdapat dalam tubuh kita mengendap. Anyang-anyangan juga harus diwaspadai. Karena bisa saja merupakan tanda-tanda penyakit yang lebih serius seperti batu ginjal. batu ginjal sendiri merupakan hasil pengendapan garam albumin yang menumpuk dalam saluran pembuangan karena kondisi kurangnya cairan atau air yang kita konsumsi.

Anyang-anyangan biasanya disebabkan karena kekurangan cairan dalam tubuh. Misal saat musim kemarau, kita akan merasa panas. Cairan didalam tubuh diproses oleh sistem metabolisme menjadi keringat untuk tetap mendinginkan tubuh. Nah kondisi yang terus mengeluarkan keringta ini biasanya akan menyebabkan cairan didalam tubuh kita berkurang. Dalam kondisi kekurangan cairan inilah tentunya akan memberatkan fungsi kerja saluran kencing. 

Namun bukan hanya itu saja. Ada beberapa penyebab lain yang biasanya menyebabkan anyang-anyangan. Seperti jika anda habis minum panas, kemudian minum air dingin. Biasanya tak lama kemudian terasa anyang-anyangan. Ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi anyang-anyangan.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi anyang-anyangan :
1. Ikat jempol kaki dengan karet
Entah karena apa, namun cara ini merupakan salah satu teknik termudah dan lumayan ampuh. Entah karena ada saraf di kaki yang membantu melancarakan saluran pembuangan. Atau hanya sebuah mitos belaka. Namun tak ada salahnya untuk anda coba.

2. Konsumsi air putih yang cukup
Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah karena kekurangan cairan dalam tubuh yang membuat proses pembuangan zat-zat dalam tubuh tidak berjalan maksimal. Maka dari itu rajin mengkonsumsi air akan membantu kerja pembuangan anda.

3. Mengatasi anyang-anyangan dengan ramuan meniran dan kumis kucing
siapkan 30 gram meniran segar serta 30 gram daun kumis kucing. Kemudian bilas hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air. Rebus hingga matang. Lalu minum 2x sehari. Pagi setalah bangun tidur dan sore hari.

4. Mengatasi anyang-anyangan dengan ramuan daun alpukat dan daun cocor bebek
Siapkan 7 lembar daun alpukat beserta 30 gram daun cocor bebek. Cuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Setekah itu minum rutin 2x sehari di pagi dan sore hari.

Itulah beberapa tips mengatasi anyang-anyangan. Semoga membantu anda mengatasi sakit anyang-anyangan. Dan semoga tidak terkena sakit ini. Jangan lupa baca juga manfaat lain buah alpukat mengatasi asam urat dan rematik.
Posted by Wendy Nadeau, Published at 14.10
Copyright © 2013 Manfaat buah dan daun