4 Manfaat buah apel yang penting dan belum diketahui

4 Manfaat buah apel yang penting dan belum diketahui

4 Manfaat apel yang penting dan belum diketahui - Buah apel, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah apel sangat digemari karena rasanya yang manis. Ada dua jenis apel yang beredar luas, yaitu apel merah dan apel hijau. Apel merah memiliki ukuran yang lebih besar, lebih berserat dan jelas harganya lebih mahal. Kurang lebih Rp. 5000 untuk satu buahnya. Sedangkan apel hijau memiliki ukuran lebih kecil, rasanya juga manis, namun beberapa memiliki tekstur lebih keras dari pada apel merah. Rasanya juga manis, namun memiliki sedikit rasa asam.

Manfaat buah apel untuk kesehatan

4 Manfaat buah apel
Manfaat buah apel

Buah apel memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, namun tahukah anda apa saja?. Berikut 4 manfaat buah apel yang jarang diketahui pentingnya bagi kesehatan kita.

1. Meningkatkan kemampuan mengingat
Berdasarkan penelitian dari para ahli di University of Massachusetts Lowell, memakan buah apel mampu meningkatkan produksi senyawa kimia yang menjadi penghubung antar sel otak yang disebut dengan acetylcholine. Acetylcholine merupakan sebuah hormon yang memiliki banyak fungsi, salah satunya membantu otak membentuk struktur baru yang akan membantu otak lebih mudah mengingat. Selain itu, zat ini juga mencegah penurunan kemampuan mental pada orang yang sudah lanjut usia atau kepikunan dini pada orang dewasa. 

2. Memperpanjang usia
Manfaat buah apel yang kedua adalah mampu memperpanjang usia. Berdasarkan penelitian oleh American Chemical Society tahun 2011, peneliti menjelaskan bahwa binatang yang mengkonsumsi apel meningkatkan umur sebesar 10 persen. Selain itu konsumsi apel juga meningkatkan kemampuan aktifitas motorik. Peneliti juga mengungkapkan bahwa walaupun hal ini terjadi pada hewan, tak menutup kemungkinan juga terjadi proses yang sama pada manusia yang rutin mengkonsumsi buah apel.

3. Manfaat apel untuk mencegah kanker
Sebuah penelitian di Hawaii, mengungkapkan bahwa rutin mengkonsumsi buah apel dapat menurunkan resiko kanker paru-paru baik wanita maupun pria. Dengan rajin mengkonsumsi buah apel dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker paru-paru sebesar 40 hingga 50 persen. Sementara itu, penelitian lain di Harvard Medical School mengungkap bahwa dengan rajin mengkonsumsi buah apel menurunkan risiko terkena kanker paru-paru hingga 21 persen pada wanita.

4. Manfaat buah apel untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke
Serangan jantung, stroke, dan penyakit yang menyerang arteri berkaitan dengan kolesterol jahat (kolesterol LDL). Apel mambu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Hal ini tentu saja sangat baik, karena apel merupakan obat paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dibanding obat-obatan medis.

Itulah 4 manfaat buah apel yang jarang diketahui. Bantu sebarkan artikel ini ya, agar lebih banyak orang yang sadar dan mulai untuk rajin mengkonsumsi buah serta sayuran terutama buah apel untuk hidup yang lebih sehat bebas dari penyakit. Jangan lupa baca juga  Manfaat dibalik buah naga untuk mengobati diabetes
Tags :
Posted by wendy, Published at 11.53
Copyright © 2013 Manfaat buah dan daun