9 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

9 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sukun Manfaat daun sukun untuk kesehatan mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya, hal tersebut terjadi karena biasanya orang hanya mengolah buah sukun dengan cara membalutnya bersama tepung dan menggorengnya, makanan yang berasal dari buah sukun ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, terkebih jika disajikan selagi masih hangat bersama dengan secangkir teh.

9 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan 

9 Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan
Manfaat daun buah sukun

Sedangkan untuk bagian daunya, orang kebanyakan tidak memanfaatkanya, terkadang hanya dibuang begitu saja dan menjadi sebuah sampah. Sebenarnya jika Anda lebih mengerti atau tahu, daun sukun ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, nah apas saja khasiat daun sukun bagi kesehatan? Untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, berikut saya sudah merangkumnya dalam 9 manfaat daun sukun bagi kesehatan di bawah ini.

1. Daun sukun mampu menyehatkan organ ginjal
Daun suku mengandung kalium yang sangat tinggi, kandungan inilah yang sangat berperan aktif dalam menjaga kesehatan ginjal yakni berkhasiat untuk melarutkan batu ginjal.

2. Menyehatkan organ jantung
Manfaat daun sukun selanjutnya adalah mampu menyehatkan jantung, khasiat daun sukun ini dapat muncul karena bahan herbal alami ini mengandung senyawa phenol yang mampu memacu regenerasi sel atau jaringan yang terdapat pada organ jantung.

3. Mencegah dan mengobati hipertensi
Senyawa quercetin yang terdapat pada daun sukun sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, sehingga sangat efektif untuk mencegah ataupun mengobati hipertensi.

4. Daun sukun untuk mengatasi peradangan
Daun sukun mengandung senyawa aktif yakni anti-inflamasi, senyawa ini sangat berkhasiat untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada organ tubuh akibat luka, penyakit ataupun komplikasi lainya. 

5. Manfaat daun sukun mencegah dan mengobati penyakit asam urat
Penyakit asam urat sering menyerang orang yang sudah lanjut usia, timbulnya penyakit satu ini disebabkan karena kadar purin dalam tubuh sangat tinggi, daun sukun mengandung purin yang sangat rendah, sehingga sangat efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat tersebut.

6. Daun buah sukun ampuh menurunkan kadar gula dalam darah
Daun sukun menurut berbagai macam penelitian mengandung senyawa flavonoid yang sangat tinggi, kandungan senyawa inilah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah berlebih.

7. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Daun sukun mengandung kolesterol baik yang sangat tinggi, kandungan kolesterol baik inilah yang mampu menekan kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita. 

8. Pencegah kanker
Khasiat daun sukun selanjutnya adalah mampu mencegah penyakit kanker, hal tersebut terjadi karena daun sukun memiliki senywa antikanker yang sangat tinggi.

9. Mengobati tumor dan kista
Manfaat daun sukun untuk kesehatan yang terakhir adalah mampu mengobati tumor dan kista, hal ini terjadi karena daun sukun mengandung senyawa anti-tumor yang sangat tinggi, di mana kandung tersebut  mampu menghambat pertumbuhan abnormal.

Itulah 9 manfaat besar daun sukun untuk kesehatan ataupun pengobatan., Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel Mengobati kanker dengan manfaat buah-buahan.
Posted by wendy, Published at 12.00
Copyright © 2013 Manfaat buah dan daun